Pulau Sewangi di Kecamatan Berangas, Kabupaten Baritokuala, Kalimantan Selatan mulai sejak lama jadi pusat pembuatan jukung atau perahu serta perahu bermesin dengan kata lain kelotok khas Kalimantan Selatan.

Masyarakat di pulau ini rata-rata berprofesi juga sebagai pembuat jukung serta kelotok. Pekerjaan ini mereka lakoni dengan cara turun temurun.

Masuk pulau kecil ini, terlihat sekali penduduknya sangatlah padat. Nyaris di setiap rumah ada bengkel pembuatan jukung serta kelotok, baik besar ataupun kecil.

Mereka setiap hari bekerja bikin jukung pesanan. Tidak cuma jukung atau kelotok untuk digunakan warga yang umum mencari nafkah dari mengoperasikan perahu, tidak tidak sering beberapa wisatawan berkeinginan beli.

Seseorang pembuat perahu di sini yaitu Ida. Pria memiliki rambut lurus berkulit legam ini menyampaikan pernah ada wisatawan dari Nusa Tenggara Barat yang pesan perahu di bengkelnya.

” Bila turis dari Eropa serta Korea banyak kesini. Mereka umumnya bertanya-tanya apakah itu jukung serta kelotok serta apakah itu apak (peralatan pembuatan jukung serta kelotok untuk mengukur diameter perahu). Mereka terasa aneh lihat perahu khas Banjar, soalnya ditempat mereka tak ada, ” katanya.

Advertisements