Candi Kedulan yang sekarang ini masih juga dalam sistem ekskavasi diproyeksikan jadi pusat studi Volcano Arkeologi. Manfaat melengkapi juga sebagai lokasi studi Volcano Arkeologi, Candi Kedulan bakal dilengkapi dengan sarana edukasi histori, dari mulai momen terpendam vulkanik Gunung Merapi hingga sistem pemugarannya.

” Hingga sekarang ini sistem ekskavasi masih tetap jalan, ” tutur Wahyu Astuti Kepala Seksi Perlindungan Pengembangan serta Pemakaian, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta, Kamis (23/07/2015).

Wahyu Astuti menjelaskan, dari hasil ekskavasi telah diketemukan candi intinya, serta candi perwara. Cuma, candi intinya masih tetap belum didirikan ditempat awal mulanya, baru ditempatkan di segi Barat.

Manfaat mensupport juga sebagai pusat Volcano Arkeologi, lanjutnya, di lokasi Candi Kedulan bakal berisi dokumentasi-dokumentasi yang sifatnya edukasi histori. ” Bakal di isi dokumentasi peristiwa-peristiwa yang berlangsung di Candi Kedulan itu juga sebagai edukasi, ” tuturnya.

Dokumentasi yang dipertunjukkan lanjutnya dari mulai momen Candi Kedulan terpendam material vulkanik Merapi sejumlah 2 x. Lantas Candi Kedulan sempat juga jadikan kolam pemancingan oleh warga serta sampai sistem pemugaranya. ” Kita berharap th. 2019 telah usai, ” ujarnya.

Advertisements